Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via Wifi

Semakin berkembangnya dunia teknologi membuat semua kegiatan perkantoran semakin mudah. Salah satu yang mendapatkemudahan akibat perkembangan teknologi adalah cara untuk mencetak dokumen. Jika dulu kita hanya bisa mencetak atau Print dokumen melalui komputer atau laptop saja. Namun kini kita dapat melakukan hal tersebut hanya dengan menggunakan perangkat Android saja.

Dengan bergitu sekarang kita sudah bisa mencetak semua obrolan kita di aplikasi chating seperti Whatsapp atau BBM. Saya sendiri juga sering mencetak obrolan saya di whatsapp dengan menggunakan Cara Print Dokumen Lewat Hp Android ini. Adanya teknologi ini jelas saja akan mempermudah semua urusan mencetak dokumen tanpa repot – memindahakan data di hp Android ke perangkat laptop terlebih dahulu.

Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via Wifi dapat kita lakukan yaitu dengan cara langsung menghubungkan perangkat Android kita ke mesin printer atau dengan cara menghubungkan terlebih dahulu perangkat android kita ke komputer yang sudah terhung dengan mesin printer. Namun menurut saya cara yang lebih praktis adalah dengan langsung menghubungka hp Android langsung dengan mesin printer.

Dikarenakan kita menggunakan hp Android, maka kita tentu kita juga akan membutuhkan yang namanya aplikasi untuk dapat mencetak atau print dokumen langsung tanpa komputer. Aplikasi yang akan kita gunakan pada kasus ini adalah aplikasi bermana PrintShare yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Nah untuk Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via Wifi, USB dan Bluetooth selengkapnya simak di bawah ini:

Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via Wifi

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya Anda harus mendonwload aplikasi Printshare dari Play Store.
  2. Setelah itu install aplikasi tersebut, dan jalankan sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. nah pada tampilan awal ini silakan pilih atau klik tombol Continue.
  3. Karena kita baru saja menggunakan aplikasi ini, maka tidak akan ada driver satu pun yang tersimpan, dan otomatis kita masih belum bisa ngprint. Untuk itu kita harus setting terlebih dahulu aplikasi ini dengan cara klik tombol Select seperti pada gambar di bawah ini:
  4. Ada beberapa pilihan jenis koneksi yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan dp Android dengan printer yaitu melalui Wifi, Bluetooth, atau kabel USB. Sebenarnya kita dapat langsung menghubungkan hp Android dengan mesin printer jika mesin printer tersebut sudah memiliki fitur wifi. Namun jika mesin printer tidak memiliki fitur Wifi, maka kita harus menghubungkan dengan PC terlebih dahulu dengan cara klik Nearby Wifi.
  5. Setelah itu akan muncul daftar PC yang sedang online dalam jaringan wifi. Pilih saja salah satu nama PC yang printernya akan kita gunakan untuk mencetak dokumen di hp Android kita. Pastikan komputer yang kita pilih telah terhubung dengan mesin printer.
  6. Setelah terbuka, maka kita akan melihat daftar printer yang terhubung dengan komputer yang telah Anda pilih tadi. Pastikan kita memilih nama printer yang masih terhubung atau aktif.
  7. Kemudian setelah Anda memilih printer, maka akan muncul sebuah halaman baru dalam bahasa inggris yang poinnya kita harus menginstall drivernya terlebih dahulu. Untuk melanjutkan silakan klik saja tombol Yes.

Setelah proses install driver printer pada hp Android telah selesai, maka proses koneksi hp Android dengan printer pun juga sudah selesai. Nah sekarang kita sudah bisa langsung mencetak dokumen pada hp Android kita langsung ke mesin printer via Wifi.

Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via USB
Berikut ini adalah Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via USB, dimana cara yang satu ini merupakan cara paling prkatis dan paling mudah untuk dilakukan. Dan berikut caramnya:

  1. Pertama silakan download dan install aplikasi bernama StarPrint dari play store.
  2. Setelah itu hubungkan printer dengan hp Android menggunakan kabel USB.
  3. Kemudian buka aplikasi StarPrint, setelah itu cari dokumen yang akan dicetak, lalu silakan klik tombol OK.
  4. Pada bagian Print Preview silakan gulirkan ke bawah. Lalu pada bagian copies tentukan dokumen akan dicetak menjadi berapa dengan cara menekan tombol + dan – kemudian tekan tombol Print.
  5. Langkah terakhir silakan pilih nama printer yang sudah terbaca di aplikasi ini dan silakan tunggu hingga proses mencetak dokumen selesai.

Nah Demikianlah penjelasan singkat kami tentang bagaimana Cara Print Dokumen Lewat Hp Android Via Wifi dan USB yang dapat saya sampaikan. Dengan adanya teknologi ini, maka kegiatan mencetak dokumen kita akan semakin praktis lagi. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah penulisan dan terima kasih.